Pengertian Organisasi Perusahaan
A. Organisasi perusahaan adalah suatu proses yang menjadi tempat orang-orang berinteraksiuntuk mencapai tujuan perusahaan.
B. Organisasi perusahaan adalah suatu rangka dasar yang menjadi tempat orang-orangmelangsungkan kegiatannya untuk menerima, menyimpan, mengolah, dan menyajikaninformasi dan merawat aktiva.
C. Organisasi perusahaan mencalup susunan staf dan alokasi tugas dan tanggung jawab dalammengolah data, memasok informasi untuk pembuatan keputusan dan merawat aktiva.
Proses
Pengorganisasian Perusahaan
Dalam
perusahaan, perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi,membuat
strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas
kerjaorganisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi
perusahaann karenatanpa perencanaan fungsi-fungsi lain
pengorganisasian,
pengarahan, dan pengontrolan
tak akan dapat berjalan.Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana
formal. Rencana informal adalahrencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan
tujuan bersama anggota suatu organisasi.Sedangkan rencana formal adalah rencana
tertulis yang harus dilaksanakan suatu organisasidalam jangka waktu tertentu.
Rencana formal merupakan rencana bersama anggota korporasi,artinya, setiap
anggota harus mengetahui dan menjalankan rencana itu. Rencana formal
dibuatuntuk mengurangi ambiguitas dan menciptakan kesepahaman tentang apa yang
harus dilakukan.
Misi Dan
Tujuan Organisasi
Sebelum
organisasi menentukan tujuannya, terlebih dulu menetapkan misi / maksud
organisasi. Misi adalah suatu pernyataan umum dan abadi tentang
maksudorganisasi. Sedangkan Misi organisasi adalah maksud khas (unik) dan
mendasar yangmembedakan organisasi dari organisasi-organisasi lainnya dan mengidentifikasikan
ruanglingkup operasi dalam hal produk dan pasar.
Sumber : http://www.scribd.com/doc/84124932/Pengertian-Organisasi-Perusahaan
Kenapa mempelajari Organisasi?
Dari definisinya, organisasi merupakan wadah bagi sekelompok individu
untuk berinteraksi dalam wewenang tertentu. Manusia sebagai makhluk
sosial tak urung untuk menciptakan kelompok-kelompok yang mengusung pada
pengorganisasian demi mencapai tujuan tertentu. Dengan mempelajari
teori organisasi umum, seseorang akan lebih memahami bagaimana ia harus
menempatkan diri ketika berkecimpung dalam suatu ikatan organisasi.
Karena di dalam organisasi tersebut terdapat beberapa aspek pendukung
guna memenuhi tujuan bersama sekumpulan orang yang terikat di dalamnya.
Dengan kata lain, teori organisasi umum membimbing sekumpulan orang
dalam suatu organisasi untuk berpendapat, menciptakan visi, misi,
sistem, dan program, juga untuk menganalisa dan mengevaluasinya kembali
demi keberhasilan pencapaian tujuan dibentuknya organisasi tersebut.
Pengalaman saya berorganisasi.
Saya pernah ikut organisasi OSIS di smp (Bendahara)
Organisasi kepanitiaan HUT RI (Ketua)
Organisasi pembentukan pengajian pemuda-pemudi (wakil ketua).
Sumber : http://tokeklincah.wordpress.com/2012/10/03/pentingnya-mempelajari-teori-organisasi-umum/
http://www.scribd.com/doc/84124932/Pengertian-Organisasi-Perusahaan
Sumber : http://tokeklincah.wordpress.com/2012/10/03/pentingnya-mempelajari-teori-organisasi-umum/
http://www.scribd.com/doc/84124932/Pengertian-Organisasi-Perusahaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar