Senin, 07 Juli 2014

Teori Organisasi Umum 2

Macam - Macam Pasar
Tempat berkumpul dan bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan sebuah transaksi jual beli, itulah pasar. kali ini kita akan coba mengupas tentang berbagai macam pasar. seiring berjalannya waktu dan modernisasi, transaksi jual beli tidak hanya di lakukan di sebuah pasar, bahkan sekarang penjual dan pembeli tidak pelu bertatap muka untuk melakukan transaksi. cukup di depan komputer maupun di depan gadget anda sekalipun, anda sudah dapt melakukan transaksi. maka pada pembahasan kali ini saya akan membahas macam macam pasar, sebetulnya ada beberap macam pasar. namun kali ini kita hanya akan membahas 4 macam pasar yang sering kita dengar.
Macam macam pasar
1. Pasar Persaingan Sempurna
Teori pasar persaingan sempurna dibuat atas dasar dua asumsi penting yang berkenaan dengan perilaku perusahaan individual dan yang berkenaan dengan industri. Dalam kaitan dengan perusahaan, diasumsikan bahwa perusahaan dalam pasar persaingan sempurna merupakan perusahaan penerima harga pasar (price taker).
2. Pasar Monopolistik
Persaingan monopolistik banyak dijumpai pada sektor-sektor jasa dan perdagangan kecil.
3. Pasar Oligopoli
Suatu pasar disebut oligopoli apabila terdapat 2 atau lebih (beberapa) penjual suatu produk. Jumlah penjual dalam pasar ini tidak terlampau banyak, paling tidak hingga 10-15 penjual. Apabila benar-benar hanya terdapat 2 penjual disebut dengan pasar duopoli. Persaingan dalam pasar oligopoli cukup keras, mengingat sedikitnya jumlah pemain (penjual).
 4. Pasar Monopoli
Perusahaan monopoli merupakan satu-satunya perusahaan di pasar yang menentukan harga. Oleh karena itu perusahaan monopoli disebut sebagai penentu harga (price setter).
Saya akan membahas perbedaan macam macam pasar di atas dengan menggunakan tabel
Ciri – ciri
Pasar Persaingan Sempurna (PPS)PasarMonopolistikPasar Oligopoli
Pasar
Monopoli
1.Jumlah penjual (produsen) Terdapat banyak pembeli dan banyak penjualJumlah penjual banyak, namun tdk sebanyak pd PPSHanya ada beberapa produsen yg menguasai pasarHanya ada satu penjual dan banyak pembeli
2. Jenis barang yang dijualBarang yang dijual bersifat homogenyTerdapat diferensiasi (perbedaan produk)Terdapat barang serupa (produk yang tidak terdiferensiasi) atau barang yang berbeda (produsen dengan diferensiasi)tidak ada barang subtitusi/pengganti yang mirip (close substitute)
3. Kemampuan menetapkan hargaProdusen tidak dapat mempengaruhi hargaPenjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentuHarga jual tidak mudah berubahPembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang
4. bentuk kurva permintaanKurva permintaan elastis sempurnaTidak elastis sempurnaMencerminkan perilaku oligopolis dalam pasarKurva menurun dari kiri atas ke kanan bawah. Dalam hal ini monopolis akan memperoleh harga jual yang tinggi bila produksinya sedikit, dan harga yang semakin rendah bila produksinuya semakin banyak. 
5. hambatan memasuki pasarTidak ada hambatan dalam mobilitas sumber ekonomi dari satu usaha ke usaha lain. Hambatan legalitas (Undang-undang dan hak khusus, hak patent, dan hak cipta)Sulit, karena investasinya yang tinggi Hambatan legalitas (Undang-undang dan hak khusus, hak patent, dan hak cipta)
6. Keseimbangan Jangka PendekMemaksimumkan keuntunganKeseimbangan jangka pendek terbatasMemaksimumkan penjualan pasar pesaingMemperoleh laba maksimum
 7. Keseimbangan Jangka PanjangMemaksimumkan keuntungan pada perusahaanperusahaan hanya memperoleh laba normalDapat menyebabkan kerugian krn alokasi sumber daya ekonomi terhadap perusahaanKeseimbangan jangka panjang akan menjadi masalah bila dalam jangka pendek perusahaan mengalami kerugian
8. Interdependesi Pengambilan KeputusanTidak ada interdependesi dalam pengambilan keputusanMenghasilkan peraturan dalam pengambilan keputusan yg berbeda-bedaKeputusan seorang penjual akan mempengaruhi penjual lain termasuk pesaingKonsep dasar oligopoli adalah interdependensi ( saling ketergantungan ) antara pesaing yang satu dengan pesaing yang lain
9. Contoh Baranghasil-hasil pertaniansabun, pasta gigi, dan minyak gorengperusahaan menjual mobil dan sepeda motor, perusahaan rokok, industri telekomunikasi, dan perusahaan semen.PT . Pertamina (persero),PT Perusahaan Listrik Negara (persero), dan PT Kereta Api (persero).

Trimakasih sudah membaca …..
Refferensi
Sugiarto, Tedy Herlambang, Brastoro, Rachmat Sudjana, dan Said Kelana. (2002). Ekonomi Mikro Sebuah Kajian Komprehensif from http://books.google.co.id/books?id=MYOovq0jHSsC&pg=PA357&dq=pasar+monopoli&hl=en&sa=X&ei=6FqgU6zmONaTuASlnYKoDA&

Tidak ada komentar:

Posting Komentar